Viral di TikTok, Perawat Ungkap Gejala Awal Corona: Tak Bisa Mencium Bau


 Tersebar video trending di TikTok, perawat yang menggunakan APD komplet mengutarakan masalah tanda-tanda COVID-19. Perawat yang namanya Diana Kemalasari ini menjelaskan tanda-tanda itu ialah kehilangan kekuatan membau.

Pakan Ayam Laga Murah Berkualitas

"Rupanya COVID-19 ada tanda-tanda baru. Tolong kalian sebarin info supaya orang-orang tahu. Serta jika kalian ada tanda-tanda ini selekasnya kerjakan kontrol COVID-19. Rasa pembau anda akan hilang *penciumankurangtajam," kata Diana Kemalasari di account TikToknya @Dianaaa Keee (17/9/2020).


Sampai Senin siang (21/9/2020), video itu telah disaksikan dilihat lebih dari 9,3 juta kali, memperoleh 1,2 juta Likes serta 29 ribu tanggapan. Netizen juga ada yang menjelaskan bila tanda-tanda itu telah lama serta ada yang bercerita pengalamannya sendiri.


Simak juga: Trending Trend Meratakan Gigi dengan Pengikir Kuku di TikTok, Buat Nyeri"Sangat lama kali tanda-tanda itu. Dimana letak baru nya?" tutur account @zr. amelborneng.


"Ini yang saya rasain ka.. betul-betul gak dapat nyium apa-apa benar-benar serta betul saya positif COVID-19, walau sebenarnya lagi hamil 8 bulan serta saat ini telah 9 bulan tetapi masih positif. Meminta doanya ya," catat account TikTok @Wilda Fachriah.


"Jujur, saya udh kehilangan indra penciuman akhir-akhir ini, tpi gaberani check, menyengaja isolasi mandiri, satu minggu telah sembuh serta kembali lagi seperti," timpal account TikTok @Haiiiii.


@dianakemala##covid19 ##fyp ##foryou ##info ##protokolkesehatan ##nurse ##nursery ##healthy ##perawat ##perawatindonesia


Simak juga: Narasi Perawat Pasien Corona yang Trending sebab Kesakitan Waktu Terlepas MaskerKetika dilakukan konfirmasi oleh Wolipop, Diana akui suka dapat bagikan infomasi melalui video TikToknya. Ditambah lagi sekarang video tentang info tanda-tanda virus Corona itu telah dilihat juta-an kali.


"Tidak sangka video TikTok saya trending. Tetapi senang sekali dapat trending. Sebab orang yang tidak tahu mengenai tanda-tanda itu bertambah tahu," papar Diana saat dikontak melalui Whatsapp, Senin (21/9/2020).


Seperti dikatakannya, arah Diana membuat video di TikTok mengenai tanda-tanda Corona ialah supaya orang-orang dapat bertambah memahami. Sebab tidak orang-orang tahu bila salah satunya tanda-tanda COVID-19 ialah hilangnya indera penciuman atau anosmia.


"Jika warga telah tahu tanda-tandanya semacam itu saya mengharap mereka care pada diri kita serta seseorang, agar kita satu visi supaya putuskan tali penyebaran penyakit COVID-19. Jika mereka alami tanda-tanda itu selekasnya cek ke dokter atau tes swab atau PCR. Serta sesaat diswab mereka harus karantina mandiri serta ikutin prosedur kesehatan dari pemerintah," jelas wanita yang kerja untuk perawat di salah satunya RSUD di Jakarta semenjak Mei 2020 itu.


Diana juga mengutarakan video itu dibuatnya berdasar pengalamannya menjaga pasien COVID-19 di dalam rumah sakit tempatnya kerja. Beberapa dari mereka alami tanda-tanda kehilangan kekuatan mencium berbau.


"Sebetulnya ini pengalaman beberapa pasien saya. Ia alami tanda-tanda semacam itu, tidak dapat mencium benar-benar bau-bauan. Serta salah satunya rekan saya yang COVID-19 itu ia hilang rasa pembau atau penciumannya. Jika saya bertanya semacam apa, apa seperti hidung terhalang atau pilek begitu? Jawabnya ia tidak pilek. Ia dapat mengendus tetapi jika ada berbau tidak dapat menciumnya. Seperti minyak wangi, minyak kayu putih, makanan serta yang lain. Jadi tidak dapat mencium berbau apa saja benar-benar," tuturnya.


Diana yang kerja untuk perawat share langkah perlakuan pertama bila seorang tidak dapat merasai indera penciumannya. "Pertama jangan cemas dahulu jika kita hilang penciumannya. Ke-2 bawa serta ke dokter atau service kesehatan yang paling dekat. Ke-3 pada keadaan epidemi ini menjaga imun, seperti minum vitamin. Lantas ke-4 semasa tanda-tanda itu masih ada serta epidemi masih ada masih ikutin prosedur dari pemerintah," ujarnya.


Postingan populer dari blog ini

Acknowledge the poor impression as well as determine where you failed

work to do to tackle rising food prices

Exactly just how migration court of law jobs